022 7944925 0813 6000 1041, 0852 9595 2232, 0812 1181 5005
KLIK Gambar Untuk Detailnya, Kini SG Jilbab di SHOPEE shopee.co.id/sgjilbab

Pashmina Bahan Kain Crepe

Friday, November 13th 2015.
Pashmina Bahan Kain Crepe

Pashmina Bahan Kain Crepe

 

PASHMINA MONOCHROME CREPE

Sekarang Baru trend Pashmina dengan bahan kain Crepe, Sebenarnya banyak motif dari kain crepe. Karena pasar baru banyak yang jual pashmina monochrome makan banyak juga yang mulai pembuatan pashmina monochrome dengan bahan kain crepe. Berikut sedikit pengetahuan terkain kain crepe….

Apa itu kain Crepe…?

Kain crepe memiliki sifat yang lentur dengan tekstur yang permukaanya kelihatanya nampak berpasir atau berkerikil, kasar atau terlihat berkerut. Meski permukaanya terlihat kasar atau berkerut, namun jika dipegang teksturnya akan terasa lembut. Permukaan kasar tersebut adalah hasil dari sebuah proses tenun. Beragam proses yang dilakukan tersebut. Bisa jadi dengan proses tenun yang ketat. Atau mengikat erat serat kain secara melingkar, sebelum sebelum proses tenun dilakukan lalau dijalankan dengan proses tenun yang acak. Dan ada juga dengan menambah bentuk-bentuk timbul tertentu atau biasa dikenal dengan proses emboss pada sebuah kain yang telah jadi menggunakan alat khusus.
Ada banyak serat kain yang bisa menghasilkan kain crepe, beberapa serat tersebut, diantaranya adalah : Serat Sutra Asli yang dihasilkan oleh ulat atau biasa dikenal dengan nama Silk. Sutra Buatan dari bahan yang bersifat sintetis atau Silk-Like. Serta serat Katun.

Crepe adalah kain bersifat lentur atau tidak kaku yang memiliki permukaan bertekstur sehingga terlihat kasar, berpasir/kerikil, atau berkerut.

Permukaan yang khas adalah hasil dari salah satu proses penenunan; seperti tenunan yang ketat, memutar atau mengikat serat sebelum proses penenunan, menggunakan pola yang tidak beraturan saat proses penenunan, atau dengan proses menambah hiasan timbul (emboss) pada kain yang sudah jadi dengan sebuah alat khusus. Pola hiasan timbul dilekatkan secara permanen ke dalam serat dengan menggunakan panas dan tekanan.

MACAM MACAM Kain CREPE

Beberapa serat yang dapat menghasilkan kain Crepe adalah sutra (silk), sutra buatan (silk-like), dan katun. Banyak variasi dari jenis kain Crepe; diantaranya Crepe de Chine, Plisse Crepe, Moroccan Crepe, Wool Crepe, dan Crepe Georgette.

Crepe de Chine
• Crepe de chine is a lightweight fabric, usually made of silk, without a pronounced crepe finish. It tends to have a smooth, pebbled, matte finish and is used to make luxury garments and evening wear. The fabric is made with highly twisted, worsted yarns in the weft and silk yarns in the warp, or of just silk warps and wefts. It weakens when exposed to perspiration or sunlight.
• Jenis kain ini ringan, biasanya terbuat dari serat sutra, tidak biasa disebut Crepe saja. Cenderung memiliki tekstur kain yang halus, berpasir/kerikil, finishing warna tidak berkilau/kilap (matte finish) dan sering kali dibuat untuk baju-baju Gaun/dress yang mewah. Kain ini dibuat dengan proses memutar, benang worsted* (benang wool) pada bagian weft* dan benang sutra pada bagian warp*, atau bisa juga hanya dengan menggunakan benang sutra pada weft dan warp. Kekurangan dari jenis kain ini adalah tidak tahan lama jika terkena pancaran sinar matahari secara langsung.

*Catatan:
Weft : benang pada kain tenun yang horizontal, biasanya benang lebih halus yang dipakai. (Benang mudah ditarik dari kain)

Warp : benang lusi pada kain tenun yang vertikal (posisi benang sejajar dengan sisi kain), benang yang digunakan cenderung lebih kuat atau tidak mudah putus (kualitas benang lebih tinggi), benang memiliki pelintiran/putaran yang lebih ketat.

Worsted : proses pemintalan serat wol yang menghasilkan benang wol untuk pemakaian garment seperti jas. Benang worsted lebih tipis dan halus, tidak seperti benang wol untuk menyulam.

Crepe Georgette
• Crepe georgette is a thin, matte silk or silk-like fabric that drapes well and is very elastic. It is sheer and flat with a grainy texture and is sometimes referred to as chiffon. Its fluidity and easy draping makes it ideal for women’s clothing. It is used to make evening wear, gowns, blouses, dresses and skirts.
• Jenis kain yang tipis, terbuat dari sutra asli atau sutra buatan tidak berkilau/kilap yang memiliki kelenturan (drapes) yang sangat baik sehingga sangat elastis. Jenis kain ini transparan atau tembus pandang dan biasanya terlihat dengan warna-warna yang pudar dengan tekstur kasar; terkadang disebut dengan istilaj Chiffon. Dengan sifatnya yang lentur dan lungsai (seperti berayun) idealnya jenis kain ini dibuat untuk pakaian wanita; seperti gaun/dress. Blouse/kemeja wanita, dan rok.
Moroccan Crepe
• Moroccan crepe, also known as crepe marocain, is a heavy textured, woven, ribbed crepe fabric made of silk, rayon or wool. It is made using heavily twisted yarns in the weft, resulting in the characteristic wavy, ribbed texture. It is used to make dresses and suits.
• Dikenal juga dengan Crepe Marocain, teksturnya berat, kain yang ditenun, seperti bahan yang bergaris/jalur terbuat dari sutra, rayon atau wol. Jenis kain ini terbuat dengan menggunakan pemutaran benang pada bagian weft secara berat. Dan menghasilkan jenis kain dengan karakter bergelombang, tekstur garis/jalur. Biasa digunakan untuk baju gaun/dress atau setelan jas.
Plisse Crepe
• Plisse crepe is made by using heavy rollers to impress a crepe pattern into fabric or by chemically treating the fabric to give it a characteristic crepe-like appearance. The fabric, often cotton, is covered in wax in a striped or pebbled pattern and dipped into an alkaline solution. The uncovered portions of the fabric shrink, resulting in a striping or puckering when the wax is removed. The resulting plisse crepe fabric is very strong and does not need ironing.
• Jenis kain ini dibuat dengan menggunakan alat berat seperti rol untuk menghasilkan pola crepe (kerut/kerikil) di atas kain atau dengan cara menggunakan bahan kimia untuk menghasilkan karakter kain seperti terlihat crepe (kerutan). Jenis kain ini biasanya katun, terbungkus lilin dengan pola bergaris atau berkerikil/pasir dan dicelupkan ke dalam bahan campuran alkaline. Pada bagian kain yang tidak terbungkus akan mengerut sehingga menghasilkan garis atau kerut ketika lilin telah dihilangkan. Hasil bahan jenis plisse crepe sanagt kuat dan tidak memerlukan penyetrikaan.
Wool Crepe
• Wool crepe, also known as crepon, is a wiry crepe fabric made from mixtures of silk and cotton fibers. The crepe effect on the surface of the fabric comes about through the treatment of the yarn during the weaving process. The fabric can be woven with a combination of left- and right-hand twists in the same fabric or by having different degrees of slackness in the warp yarns or in the tightness of the twists. Wool crepe is used to make lingerie and dresses.

Sangat dikenal juga dengan istilah Crepon. Jenis kain crepe yang lurus tapi kuat dan kasar terbuat dari campuran serat sutra dan katun. Efek crepe pada permukaan kain terbuat dari pekerjaan benang pada saat proses penenunan. Jenis kain ini dapat ditenun dengan kombinasi pemutaran benang kiri dan kanan pada kain yang sama, atau dengan menggunakan tingkat kerenggangan yang berbeda pada benang lusi (warp) atau juga dengan cara menambahkan kerapatan/ketegangan pada proses pemutaran benang.

sumber disalin dan diterjemahkan secara bebas dari link tercantum dibawah.
++++++++++++++++++++++++++++
Retrieved From <http://www.ehow.com/info_8380635_types-crepe-fabric.html>

Produk terbaru

Rp 33.500
Order Sekarang » SMS : 081222532288
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeHijab Ratu Renda Dua.
Nama BarangHijab Ratu Renda Dua.
Harga Rp 33.500
Lihat Detail
Rp 36.500
Order Sekarang » SMS : 081222532288
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeMarwah Niqob Lengan.
Nama BarangMarwah Niqob Lengan.
Harga Rp 36.500
Lihat Detail
Rp 95.000
Order Sekarang » SMS : 081222532288
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeKHIMAR ADIBA RAISA HIJAB
Nama BarangKhimar Adiba by Raisa (Klik Video)
Harga Rp 95.000
Lihat Detail
Rp 18.500
Order Sekarang » SMS : 081222532288
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJilbab Baby Carla Renda
Nama BarangJilbab Baby Carla Renda
Harga Rp 18.500
Lihat Detail
Rp 15.000
Order Sekarang » SMS : 081222532288
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJILBAB BAYI BABY CARLA
Nama BarangJILBAB BAYI BABY CARLA
Harga Rp 15.000
Lihat Detail
Rp 29.500
Order Sekarang » SMS : 081222532288
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeHijab Maryam Picot.
Nama BarangHijab Maryam Picot.
Harga Rp 29.500
Lihat Detail
Rp 27.000
Order Sekarang » SMS : 081222532288
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeBergo Maryam Renda
Nama BarangHijab Bergo Maryam Renda (standar size)
Harga Rp 27.000
Lihat Detail
Rp 37.000
Order Sekarang » SMS : 081222532288
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeHijab Rubiah Tali Md
Nama BarangHijab Rubiah Tali Md (Medium Size)
Harga Rp 37.000
Lihat Detail