Home » Blog » Cara Melatih Anak Berjilbab Sejak Dini

Cara Melatih Anak Berjilbab Sejak Dini

Monday, January 16th 2017. Posted in Jilbab Anak

 

anak-anak-kecil-berjilbab

Dede Cantik Dech kalau pake Jilbab

“Katakanlah kepada wanita yang beriman, ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) tampak darinya’.” (An-Nur [24] : 31)

 

Cara Melatih Anak Berjilbab Sejak Dini

Wajibnya mengenakan jilbab dan kerudung adalah kewajiban yang sama dengan wajibnya shalat atau puasa.  Dengan demikian, melatih anak perempuan mengenakan jilbab dan kerudung juga sama wajibnya dengan melatih anak untuk shalat atau berpuasa.  Pembiasaan semenjak dini akan menjadikan anak merasa lebih nyaman dan tidak canggung lagi saat mengenakan jilbab dan kerudung telah menjadi wajib baginya.

“Jika seorang anak telah mampu membedakan tangan kanan dan kirinya maka perintahkanlah ia untuk melakukan shalat.” (HR Thabrani).

Begitu juga beliau SAW bersabda: “Perintahkan anakmu shalat usia 7 tahun, dan bila telah berusia 10 tahun pukullah bila ia mengabaikannya .” (HR Abu Dawud, Tirmidzi dan Daruquthni).

Dari perintah membiasakan anak shalat saat usianya belum menginjak baligh, dapat diambil analogi bagi pembiasaan hukum-hukum syara’ yang lain. Dari apa yang diperintahkan Rasulullah SAW dan apa yang dilakukan para shahabat, maka pembiasaan bagi anak dalam menjalankan hukum syara’ adalah hal yang harus kita lakukan.  Tanpa adanya pembiasaan di awal, dikhawatirkan anak akan merasa berat menjalankan hukum syara’ saat usia mereka masuk baligh.  Sementara mereka telah dikenai dosa ketika meninggalkan kewajiban-kewajiban syara’.

 

Selaku orangtua, kita merasa bahagia manakala kita menyaksikan putri-putri kita berjilbab. Karena, walaupun bagaimana, orangtua akan dimintai pertanggung jawaban prihal pendidikan anaknya, dan salah satunya adalah masalah jilbab ini. Oleh karenanya, agar anak tidak merasa berat dalam mengenakan hijab syar’i saat ia menginjak usia balig, maka perlu adanya usaha orangtua untuk membiasakan anak berjilbab sejak dini. Karena, metode seperti ini ternyata sangat efektif dalam mendidik anak berjilbab. Tentu saja, metode membiasakan anak berjilbab ini sangat ditekankan untuk memperhatikan perkembangan usia si anak.

 

Berikut Beberapa Cara Mengajarkan dan Melatih Anak berjilbab :

 

  1. Kenalkan sejak dini

Mungkin sebagian dari orangtua menginginkan anaknya untuk menggunakan jilbab. Namun, Anda juga harus mengenalkan kepadanya sejak kecil. Kenalkan pakaian pada anak kita bahkan sejak dini dengan pakaian-pakaian muslim, jilbab dan kerudung bahkan sejak bayi. Kenakan jilbab anak pada anak anak kita bahkan mulai umur 1 tahun, Apalagi sekarang sudah banyak model model jilbab anak yang sederhana dan kalau di pakai anak kita lebih kelihatan lucu dan imut. Sekarang sudah banyak model jilbab untuk anak 1-3 tahun, 3-5 tahun dan seterusnya.

Dan Anda bisa melakukannya secara bertahap yaitu memakaikan baju panjang dan jilbab pada saat berpergian. Mungkin si kecil tak tahu maksudnya apa. Namun, cara tersebut bisa membuatnya jadi terbiasa memakai kerudung saat berpergian.

Setiap kali membawa anak keluar rumah, orang tua dapat mengajak anak mengenakan kerudungnya.  Bila anak tidak mau orang tua tidak perlu memaksa.  Begitu pula bila di tengah perjalanan anak kegerahan atau tidak nyaman, dapat kita lepaskan dulu kerudungnya.  Inti dari latihan ini adalah membuat anak merasa nyaman, bukan membuatnya merasa bahwa jilbab dan kerudung menyusahkannya.

Pemaksaan orang tua dapat berakibat anak malahan menjadi tidak nyaman dengan jilbab dan kerudungnya sehingga ia cenderung untuk meninggalkannya bila di luar pengawasan orang tua.

 

  1. Pakaikan baju dan jilbab yang nyaman

Agar si anak nyaman saat berpakaian tertutup, sebaiknya Anda memilihkan bahan yan tepat untuk jilbab dan pakaian. Pilihlah bahan yang menyerap keringat dan sesuaikan juga dengan gerak-gerik si anak. Misalnya, si anak yang aktif sebaiknya dipakaikan pakaian dan jilbab yang berbahan kaos.

 

  1. Pilihkan model yang sederhana tapi menarik

Ketahuilah bahwa anak-anak tidak suka yang ribet. Untuk itu, pilihlah gaya berjilbab yang sederhana saja untuknya. Misalnya, jilbab instan dan baju terusan panjang atau busana muslim dua potong. Pilih dengan warna atau motif yang menarik  kesukaan si anak agar dia mau memakainya. Selain warna, biarlah si anak yang memilih corak atau tokoh kartun yang disukainya.

 

  1. Memberikan pujian

Ketika si anak sudah merasa nyaman mengenakan jilbab, tak ada salahnya Anda memuji penampilannya dengan berkata, “Kamu cantik sekali.” Cara tersebut tentunya bisa mendukung psikologisnya. Jika si anak sudah merasa senang, maka Anda juga bisa mengajarkan bahwa ada manfaat yang bisa didapat dengan berjilbab. Anak umur 1,5 tahun pun tahu kalau dia pakai jilbab atau kerudung kemudian kita puji “dede cantik deh….”…terus dia jawab “ddede antikkk…ma..” (Pengalaman anak sendiri he he he…)

dede cantik Pakai Jilbab

dede cantik Pakai Jilbab

 

  1. Memberikan pengarahan

Ketika sudah memuji dirinya, Anda pun perlu memberikan pengarahan untuknya. Ajak anak untuk mengetahui lebih dalam mengenai kewajiban berjilbab bagi muslimah sesuai dengan usianya. Bila anak sudah menjelang baligh, kita perlu menyampaikan kepada mereka dalil-dalil wajibnya jilbab dan kerudung sehingga mereka kuat berpegang pada hukum.  Bukan melakukan sesuatu yang sifatnya dogma semata.

Misalnya, saat si anak masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), terangkan mengapa dia memakai jilbab. Seiring bertambahnya usia, Anda juga perlu memberikan arahan mendalam tentang hal tersebut. Upaya ini senantiasa kita iringi dengan penanaman akidah yang kokoh pada anak, sehingga yang muncul adalah kesadaran dan bukan keterpaksaan.

Kesulitan yang kita alami dalam proses pembiasaan anak mengenakan jilbab, insya Allah kelak akan berbuah manis di hadapan Rabb kita.  Mengajarkan anak mengenakan jilbab, akan menjadi ilmu bermanfaat.  Selama anak kita berjilbab, pahalanya akan terus mengalir, sekalipun kita sudah berselimut tanah di dalam kubur.  Insya Allah.

 

Itulah cara cerdas membiasakan anak berjilbab. Menanamkan nilai agama atau hal positif lainnya sejak si anak kecil tentunya sangat bermanfaat bagi dirinya kelak. Bagaimana, Anda mau mulai membiasakan anak untuk memakai jilbab?

 

Diambil dari beberapa sumber, semoga bermanfaat.

SG Jilbab menyediakan berbagai model jenis Jilbab untuk Anak

Banyak pilihan jilbab dan kerudung anak yang unik, lucu dan cantik untuk anak anak dengan harga grosir.

Kami SG Jilbab Grosir Kerudung atau Jilbab Anak dan Dewasa dengan harga ecer maupun grosir.

Harga Kami Pastilah Bersaing karena Lokasi Kami Berada di area pusat produsen atau konveksi kerudung atau jilbab anak, Pastilah Model yang ada adalah model yang terbaru dan terupdate dari konveksi konveksi di Cicalengka-Cikancung Bandung.

Grosir Kerudung Jilbab Anak ya….di SG Jilbab

 

SentralGrosirJilbab.com. Kami adalah Toko Grosir Online Jilbab dan Busana Muslimah yang menyediakan Jilbab atau Busana Muslimah model terbaru dan ter-update dengan harga Grosir. Lokasi kami berada di pusat produsen atau konveksi Jilbab di daerah Cicalengka – Cikancung Bandung, PASTI harga kami lebih bersaing.

Kami melayani pengiriman ke seluruh Indonesia bahkan luar negeri www.sentralgrosirjilbab.com

Harga jilbab yang ditawarkan SG Jilbab (www.sentralgrosirjilbab.com) Insya Allah adalah harga jilbab  yang lebih bersaing di Semarang. SG JILBAB menjual aneka model jilbab dengan harga grosir. Harga yang Kami patok bisa dibandingkan dengan harga yang dipatok supplier jilbab di Semarang / Pasar Johar. Jelas Harga sangat dipengaruhi oleh model dan kain yang dipakai untuk bahan kerudungnya.

Saat ini SG Jilbab belum membuka toko jilbab di Semarang. SG Jilbab juga belum mempunyai agen / distributor jilbab. Tapi Anda yang tinggal di Semarang dan sekitarnya bisa kulakan jilbab produk SG Jilbab via online. Saat ini SG Jilbab sudah menjadi pusat kulakan jilbab secara online untuk seluruh Indonesia bahkan luar negeri (beberapa konsumen kami berasal dari Malaysia, Singapura, Taiwan, Uni Emirat Arab, Selandia Baru).

SG Jilbab Grosirnya Kerudung Bandung

logo SG Jilbab u alamat..17 Des'14

Kami akan mengusahakan ekspedisi yang murah untuk pengiriman jilbab ke Semarang, atau Anda bisa datang ke tempat kami di Bandung. Pengiriman Kami bisa Via JNE, Pos Indonesia, Indah Cargo, MPS, Pahala, TOLL Express, Selaras Cargo dan beberapa jasa pengiriman lainnya.